Selasa, 01 Mei 2012


Active and Passive Sentence
                Dalam Kalimat bahasa inggris pun dikenal kalimat aktif dan pasif. Kalimat aktif menekankan pada subjek yang melakukan tindakan atau kegiatan tertentu. Sebaliknya kalimat pasif menekankan pada objek yang telah dikenal tindakan atau kegiatan tertentu dari subjek tersebut.
            Untuk mengubah kalimat aktif menjai kalimat pasif, perlu dipertimbangkan dulu bentuk waktu (tense) yang digunakan dalam kalimat aktifnya. Kalimat ini berbentuk simple present tense. Untuk mengubahnya menjadi kalimat pasif, objek dari kalimat tersebut dipindahkan keawal kalimat atau dipertukarkan dengn posisi subjek sebelumnya memang ada diawal kalimt. Selanjutnya, objek tersebut diberi to be dan ditambahkn dengan kata kerja bentuk ketiga (verb 3) dari kata kerja yang ada didalam kalimat aktif tersebut.
            Frasa by me dalam kalimat pasif biasanya dapat dihilangkan karna mengacu pada subjek I (saya. Maka untuk subjek lainnya, lebih baik disebutkan kembali dalam kalimat pasifnya. Namun, bila ingin dihilangkan sma sekali tidak akan mengganggu dan mempengaruhi konteks dan makna kalimatnya.
  Contoh :
Kalimat Aktif
Kalimat Pasif
Alice is writing a story book.
The story book is being written by Alice.
Diana and Terry are killing some snakes near  the pond.
The snakes are being killed by Diana and Terry near the pond.

Sumber :
Penulis : Andika Pratiwi
Judul : 100% Best Guide to TOEFL
Penerbit : Laskar Aksara
Tahun Terbit : Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.
                           Cetakan I 2010
                           Cetakan II 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar