Selasa, 15 November 2011

Riset Pemasaran

Judul :

PENGARUH SIKAP DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MEMBELI HANDSET BLACKBERRY

Latar Belakang :
Perkembangan Smart mobile phone terus merajalela saat ini teerutama fenomena blackberry seolah-olah meluluh lantakkan berbagai macam fenomena-fenomena alam yang telah terjadi selama ini. Fenomena ini sedang melanda masyarakat kota besar hingga pelosok negeri. Yang muda ataupun tua, dari anak sekolah, kuliah hingga orang perkantoran.
Mulanya Blackberry adalah perangkat genggam nirkabel (wireless handheld device) dan kemudian berkembang menjadi perpaduan silang antara layanan e-mail gegas (push-mail), telepon bergerak (mobile phone), pesan pendek (SMS), faksimili internet, dan sarana berselancar (browsing) internet. Semuanya dalam satu paket. Dengan angka-angka penjualan yang terbilang fantastis dan permintaan pasar yang masih tinggi, terdapat pertanyaan : Mengapa Blackberry mampu menjelma menjadi demam di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia? Dari segi harga, handset ini tidaklah murah, yaitu diatas rata-rata harga handphone yang beredar di pasar Indonesia, dan dari segi fitur, ada beberapa merk terkemuka di pasar ponsel yang mampu menyamai kelebihan yang dimiliki oleh Blackberry ini. Tapi kenyataannya, Blackberry tetap diminati. Sebuah trend memang senantiasa ditularkan dari pihak yang dikenal sebagai trendsetter.
Identifikasi Masalah :
1. Bagaimana Sikap memengaruhi Minat membeli?
2. Bagaimana Persepsi memengaruhi Minat membeli?

Masalah yang diajukan :
Mengapa Blackberry mampu menjelma menjadi demam di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia?



Teori Singkat :
Sikap H1

Minat
Persepsi H2



Hipotesis

H1 : Variabel Sikap memengaruhi Minat membeli
H2 : Variabel Persepsi memengaruhi Minat membeli


Alat Analisis yang digunakan
Untuk mengelola data yang sudah terkumpul mencoba menggunakan alat analisis yaitu analisis faktor variabel minat, analisis faktor variabel persepsi, analisis variabel sikap, analisis korelasi dan analisis regresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar