Selasa, 15 November 2011

Sistem Keuangan Internasional Dari Masa ke Masa (Tugas Ekonomi Internasional)

Sistem Keuangan Internasional Dari Masa ke Masa

Para sejarahwan, khususnya yang menekuni perjalanan perekonomian dunia,kebanyakan memandang tahun 1870 sebagai salah satu tonggak sejarah perekonomian dunia. Kurun waktu yang mencakup masa satu abad lebih, yang dimulai dari tahun 1870 hingga sekarang ini, secara garis besar bisa dibagi menjadi tiga yaitu : masa pra perang dunia, masa antar perang dunia dan masa pasca perang dunia.

Sistem Keuangaan Internasional : Kurun Waktu Pra Perang Dunia
Sistem moneter internasional yang berlaku sampai dengan menjelang pecah perang dunia ialah sistem standar emas. Sistem standar emas dimulai sekitar tahun 1870 dikatakan bahwa di antara para sejarawan dicapai semacam konsensus untuk mengganggap bahwa sistem standar emas dunia. Dalam sistem standar emas kurs valuta asing relatif stabil, dapat berubah disekitar titik paritas arta yasa dan dibatasi oleh titik ekspor emas dan titik impor emas. Oleh karena itu sistem standar emas termasuk dalam kategori sistem kurs tetap.

Sistem Keuangaan Internasional : Kurun Waktu Antar Perang Dunia
Selama perang dunia 1 berkecamuk, sistem standar emas internasional berhenti berfungsi. Perekonomian – perekonomian nasional yang dalam masa sebelumnya satu dengan lainnya melalui konvertibilitas nasional terhadap emas, yang juga disertai dengan bebasnya emas bergerak dari satu negara ke negra lain, sebagai akibat pecahnya perang besar pada bulan Agustus 1914. Perang dunia 1 berjalan sekitar 4 tahun, dengan berakhirnya perang dunia suasana ekonomi berubaah dari suasana ekonomi perang menjadi suasana ekonomi damai pasca perang, dimana dimana banyak kegiatan diarahkan kepada rekonstruksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar